TERAS CANTIK DAN NYAMAN

Sebagai ruang transisi dari eksterior ke interior rumah, teras masih mempunyai karakter yang sama dengan keadaan di dalam rumah namun sebagian dari bidangnya berhubungan dengan ruangan luar. Teras sendiri mempunyai ukuran yang bervariasi bergantung pada luas bangunan rumah dan kebutuhan keluarga dengan aktivitas yang sering di lakukan di teras tersebut. Dan biasanya berada di tanah yang lebih rendah, sejajar, atau lebih tinggi bagian dalam rumah.

Karena berada di luar bidang rumah dengan keadaan setengah terbuka, teras juga bisa menjadi bagian dari taman rumah. Maka perencanaan dan penataannya juga berbeda dengan ruang lainnya. Dan sebaiknya teras didesain agar dapat memberikan kenyamanan bagi keluarga anda. Namun tetap senada dengan desain rumah, sehingga terkesan menyatu dan tidak lepas dengan bangunan.

Untuk penggunaan bahan material penunjang hendaknya berbeda dengan ruang lainnya. Seperti lantai, anda bisa menggunakan lantai yang lebih bertesktur agar lantai teras tidak licin apabila terkena air (seperti air hujan). Dan bentuknya juga sangat beragam, bisa dari kemarik, kayu, maupun batu alam. Bahkan bisa menggabungkan semuanya menjadi desain baru yang lebih menarik. Dan untuk dindingnya, anda bisa membuatnya lebih kasar dari ruang lainnya. Agar teras anda tidak terkesan terlalu formal.

Anda juga bisa menciptakan suasana teras yang berbeda dengan memikirkan letak teras dari sudut sumber cahaya matahari. Untuk aksesori dari teras sendiri, itu bisa anda gabungkan dengan penataan perlengkapan mebel yang sesuai dengan warna dari teras rumah anda. Keindahan wajah teras akan nampak terlihat lebih maksimal jika anda juga menjaga kebersihan di area sekitar teras tersebut. Teras pun juga tak lepas dari bagian taman rumah. Karena teras akan terlihat mati jika tidak ada hijauan disekitarnya. Maka tidak ada salahnya jika anda menambahkan sebuah taman yang lebih kompleks di sekitar teras rumah anda. Misal anda menempatkan berbagai pot bunga, pot gantung, atau tumbuhan yang merambat bahkan menempatkan kolam ikan di area teras anda tersebut.

sumber gambar.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s